Skip to main content

Tips Memanajemen Pembelajaran Berbasis Proyek

Tips Memanajemen Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sobat gunakan saat melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek di dalam kelas.

Gunakan sosial media agar lebih up to date

Sebagai guru anda tentu harus dapat memonitor setiap perkembangan proyek yang dilakukan anak-anak. Teknologi jaman sekarang telah dapat digunakan bahkan sampai ke pelosok. Karena itu pemanfaatan internet dalam hal ini sosial media seperti facebook dan bahkan google drive dapat membantu anda dan siswa saling terhubung satu sama lain. Anda sebagai guru dapat memberikan masukan-masukan atau saran-saran dan umpan balik saat siswa mengupload berita perkembangan terbaru mengenai proyek mereka. Anda juga dapat mengoreksi draft dokumen seperti laporan proyek yang sedang mereka garap.

Gunakan bahasa yang menarik untuk menggugah kreatifitas

Saat anda sebagai guru membuat pengumuman atau arahan kepada siswa saat berada di dalam kelas, hindari penggunaan kata-kata yang “biasa dan sering mereka dengar” seperti, “Anak-anak, perhatikan sebentar, ini penting”, atau kata-kata sejenisnya. Tetapi, sangat baik dan sangat memotivasi jika anda menggunakan kata-kata seperti, “Baik, para manajer proyek, saya ingin kalian memperhatikan hal-hal berikut sebelum mulai bekerja” dan sejenisnya. Memotivasi mereka dengan kata-kata seperti itu dapat menggugah semangat kreatif mereka.

Atasi Siswa atau kelompok siswa yang sulit sehingga termotivasi

Di dalam kelas manapun dan sekolah manapun selalu ada siswa-siswa yang sulit. Sulit di sini maksudnya adalah siswa yang kurang termotivasi atau bahkan tidak termotivasi sama sekali. Oleh karena itu pembelajaran proyek yang anda lakukan ada baiknya selalu mengkombinasikan antara kerja tim dan individual. Variasi keduanya secara tepat akan membantu siswa sulit untuk lebih memiliki rasa tanggungjawab dan dapat membantu mereka memunculkan motivasi dari dalam diri mereka sendiri. Selain itu, selalulah ‘aware’ terhadap mereka. Apabila mereka telah melakukan suatu kegiatan dengan cukup baik, berikanlah pujian yang sewajarnya.

Frekuensi penilaian formatif lebih banyak untuk monitoring proyek siswa

Model pembelajaran berbasis proyek memerlukan waktu yang lebih panjang dalam pelaksanaannya dibanding model pembelajaran lainnya, karena itu lakukanlah penilaian formatif dalam rentang waktu tertentu di setiap tahapan proyek yang mereka (siswa) lakukan. Hal ini tidak hanya menguntungkan siswa untuk memperoleh nilai yang lebih bagus, tetapi juga akan sangat bermanfaat bagi anda sebagai guru karena dengan demikian sekaligus anda telah melakukan monitoring pelaksanaan proyek siswa langkah per langkah.

Berikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa dengan memberi reward

Model pembelajaran berbasis proyek seringkali melelahkan apabila tidak dimanajemen dengan baik, baik dilihat dari sisi siswa maupun bagi guru. Karena itu, guru seyogyanya selalu memberikan kesempatan kepada mereka untuk menikmati proyek yang dilakukan dengan memberi kemungkinan yang lebih luas dalam kreativitas dan pemecahan masalah. Ide-ide dari siswa patut diberikan penghargaan dan diakomodasi agar mereka tidak menjadi bosan dan merasa bahwa pembelajaran dan proyek itu adalah milik mereka sendiri dan mereka punya keinginan untuk menyelesaikannya dengan sukses.

Bantu mereka menyelesaikan proyek secara bertahap

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa model pembelajaran berbasis proyek memerlukan waktu dan kerja dalam rentang waktu yang relatif lama (sekitar dua mingguan), maka bagilah proyek mereka ke dalam tahapan-tahapan yang dapat mereka manajemen. Jika mereka menemui kesulitan pada suatu tahapan, bantulah mereka dan jangan biarkan mereka kebingungan. Tahapan-tahapan penting dalam penyelesaian sebuah proyek.

Buat kontrak dengan tim (kelompok siswa) supaya belajar lebih lancar

Jika pembelajaran berbasis proyek dilakukan secara tim atau berkelompok maka ada baiknya anda membantu mereka dengan membuat sebuah kontrak proyek. Kontrak proyek dapat dibuat antara guru (anda) dengan setiap kelompok, misalnya kapan proyek atau tahapan-tahapan tertentu dari proyek harus selesai. Sementara, antara sesama siswa dalam tim dapat dibuat kontak tugas yang mana di dalamnya berisi pembagian tugas sehingga semua rencana dapat mereka jalankan dengan baik.

Buatlah tim yang solid sehingga lebih kooratif

Jangan sesekali membentuk kelompok siswa untuk proyek secara acak. Anda harus jeli menyusun semua siswa yang ada di kelas anda dan memasukkannya ke setiap kelompok sedemikian rupa sehingga masing-masing tim atau kelompok siswa akan mempunyai kemungkinan berhasil menyelesaikan proyek secara setara. Cara-cara pengelompokan sebagaimana yang disarankan dalam implementasi model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan di sini.

Berikan kebebasan siswa untuk menentukan peranannya di dalam setiap kelompok

Setelah kelompok atau tim siswa terbentuk, berikan kebebasan kepada mereka untuk menentukan peranannya masing-masing, tetapi tetap dalam prinsip keadilan. Ini dapat dilakukan pada saat anda membantu siswa (kelompok siswa) membuat kontak bersama di dalam kelompoknya.

Konflik dalam kelompok adalah hal yang wajar

Ajarkan kepada siswa dalam kelompok bahwa perbedaan pendapat, kritik dari anggota lainnya, dan hal-hal semacamnya adalah wajar. Itulah yang namanya dinamika sebuah tim. Mereka harus menyadari bahwa justru perbedaan pendapat akan membantu mereka menemukan ide-ide baru yang orisinil untuk penyelesaian proyek mereka. Bantu mereka belajar bagaimana mengatasi adanya konflik di dalam sebuah tim.

Rayakan setiap pencapaian untuk menambah kegembiraan siswa

Pembelajaran berbasis proyek sebenarnya terdiri dari tahapan-tahapan proyek. Apabila siswa telah selesai menyelesaikan seluruh tahapan dari rangkaian dan berarti proyek mereka tuntas, maka rayakanlah keberhasilan mereka di kelas anda. Buat sesuatu yang dapat menyenangkan mereka. Anda juga dapat memberikan kesempatan kepada setiap tim untuk mengekspresikan kegembiraan dan keberhasilan tim mereka dalam menyelesaikan proyek, biar bagaimanapun kualitas hasil proyek yang mereka dapatkan.

Berikan umpan balik yang bermanfaat dan mudah dipahami

Setelah berakhirnya penyelesaian sebuah proyek oleh siswa atau kelompok siswa, mereka membutuhkan feedback atau umpan balik dari anda. Umpan balik diperlukan agar mereka dapat bekerja dan belajar lebih baik pada kegiatan pembelajaran berbasis proyek berikutnya. Berikan umpan balik yang mudah dimengerti.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat Itu Penting

Selamat datang di Arsip Kurikulum 2013 - kali ini saya mencoba menghadirkan soal soal tematik kelas 5 SD khususnya tema 4 Sehat Itu Penting semester 1. Namun bila sobat memerlukan soal latihan tematik integratif tema 1, 2, 3 silahkan ikuti link dibawah ini. Kumpulan Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 dan Tema 2Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Kurikulum 2013Soal Tematik Matematika Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif )Soal Tematik PKN Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif )Soal Tematik Bahasa Indonesia Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif ) Soal Tematik IPS Kelas 5  kurikulum 2013 Soal tematik kelas 5 tema 4 sehat itu penting dibawah ini dibagi jadi permata pelajaran, khusus untuk sesi ini adalah soal tematik kelas 5 IPA semester 1.

Mapel                  : IPA Tahun Ajaran      : 2014/ 2015 Kelas/ Semester  : 5 /1 Tema 4                : Sehat itu penting Nama                  : ________________________ Kelas                   : V
1. Berikut ini yang bukan merupak…

Soal Tematik PPKn Kelas 5 Tema 4 Semester 1

Contoh soal latihan ulangan Tematik PPKn Kelas 5 Tema 4 Semester 1Sumber- Berikut ini saya hadirkan soal soal tematik kelas 5 tema 4 adapun yang sudah saya sediakan adalah sebagai berikut : Soal Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat Itu Penting Soal Tematik MTK Kelas 5 Tema 4 Sehat Itu Penting Semester 1Soal Tematik IPS Kelas 5 Tema 4 Sehat Itu Penting
Mata pelajaran  : PPKn
Tahun Ajaran : 2014-2014
Kelas/Semester : V / 1
Tema : 4 Sehat itu penting

I. Isilah pertanyaan pertanyaan dibawah ini !

1. Peraturan yang berlaku harus ditaati dan dilaksanakan oleh ….
a. orang yang sudah dewasa                                   
c. warga negara tanpa terkecuali
b. aparat pemerintah negara
d. aparat penegak hukum

2. Selain memiliki kewajiban untuk belajar dan bekerja, setiap manusia juga berkewajiban untuk ….
a. beribadah
c. beristirahat
b. bergembira
d. bersenang-senang

3. Dalam lingkungan masyarakat terdapat peraturan-peraturan sendiri yang berlaku disebut ….
a. Undang-Undang
c. hukum adat
b. Konvensi
d.…

Soal Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat Itu Penting

Selamat datang di Arsip Kurikulum 2013 - kali ini saya mencoba menghadirkan soal soal tematik kelas 5 SD khususnya tema 4 Sehat Itu Penting semester 1. Namun bila sobat memerlukan soal latihan tematik integratif tema 1, 2, 3 silahkan ikuti link dibawah ini. Kumpulan Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 dan Tema 2Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Kurikulum 2013Soal Tematik Matematika Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif )Soal Tematik PKN Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif )Soal Tematik Bahasa Indonesia Kelas 5  kurikulum 2013 ( maaf link belum aktif ) Soal Tematik IPS Kelas 5  kurikulum 2013 Soal tematik kelas 5 tema 4 sehat itu penting dibawah ini dibagi jadi permata pelajaran, khusus untuk sesi ini adalah soal tematik kelas 5 IPA semester 1.

Mapel                  : IPA Tahun Ajaran      : 2014/ 2015 Kelas/ Semester  : 5 /1 Tema 4                : Sehat itu penting Nama                  : ________________________ Kelas                   : V
1. Berikut ini yang bukan merupak…